Khalilah Tullah Nabiah BTE Rasman

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

RS. UMM & Masjid KH M. Bedjo Darmoleksono

hospitalRumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang didirikan pada tahun 2009. Ia didirikan setelah mendapat izin Mendirikan bangunan tersebut dari Pemerintahan Kabupaten Malang melalui unit pelayanan terpadu perizinan . RS UMM mendapatkan izin mendirikan rumah sakit pada bulan Oktober 2012 Dari Dinas Kesehatan Kabupaten Malang. Pada tanggal 20 Jun 2013 RS UMM mendapatkan izin Operasional Rumah Sakit .

Pada 17 Agustus 2013 seiring dengan hari kemerdeekaan republik Indonesia. Yang ke 68.  Rumah sakit ini merupakan sarana penunjang pendidikan dan merupakan salah satu profit center dari Universitas Muhammadiyah Malang. Lokasi rumah sakit tidak jauh dari Kampus 3 Universitas Muhammadiyah Malang yaitu tepatnya di sebelah timur terminal Landungsari. Berdiri diatas tanah seluas 9 hektare dan memiliki bangunan utama setinggi 6 lantai dan beberapa bangunan gedung penunjang setinggi 5 lantai dan gedung rawat inap setinggi 3 lantai. Bentuk bangunan yang megah dan mewah dengan ciri khas arsitektur tiongkok, menjadikan RS Universitas Muhammadiyah Malang ini mudah dikenali.

 

masjidMasjid berekakan konsep Tiongkok yang berdiri sebelah RS UMM mempunyai konsep yang tersendiri , karena dibangun bukan oleh komunitas Muslim Tionghoa Indonesia tapi justru dibangun oleh Universitas Muhammadiyah Malang. Ketika Universitas Muhammadiyah Malang  merencanakan pembangunan Rumah Sakit yang lengkap dengan fasilitas Masjid, pihak  Rektorat UMM memutuskan untuk mendahukukan pembangunan masjid ini  agar dapat digunakan oleh masyarakat sekitar, dan setelah beberapa kali berganti reka  bentuk akhirnya mendapat kata putus agar ia dibentuk dengan desain Tiongkok.Rektor UMM Pada ketika itu, Dr. Muhadjir Effendy, MAP memberi nama masjid itu dengan nama Masjid KH M. Bedjo Darmoleksono, Nama seorang tokoh pelopor Muhammadiyah di Malang. Masjid KH M. Bedjo Darmoleksono terletak di dalam Komplek Rumah Sakit Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang di di Jl. Tlogomas, sekitar 500 meter dari kampus III Universitas Muhammadiyah Malang.

Add A Comment

© 2008 Khalilah Tullah Nabiah BTE Rasman